IQRA' BISMI RABBIK ...

IQRA' BISMI RABBIK ...

SHARE MY LINK

Pengunjung :

ISLAMIC FILES (video-mp3-doc-pdf-etc)

Sabtu, 24 Januari 2009

Kontra Fatwa - NIFAS LEBIH DARI 40 HARI

NIFAS LEBIH DARI 40 HARI

KHE. Abdurrahman dalam “Risalah Wanita” halaman 17, menjelaskan :
“Lamanya nifas berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang sebentar dan ada yang lama. Tak ada ketentuan tentang batas minimumnya, baik dalam Qur’an maupun dalam hadis. Yang ada hanya ketentuan tentang batas maksimumnya, yaitu 40 hari, berdasarkan hadis:
“Di masa Rasulullah SAW perempuan-perempuan yang di dalam nifas tinggal duduk saja, tidak beribadah selama 40 hari.” (HR. Al-Khomsah kecuali An-Nasa-i)
Berdasarkan hadis di atas, berakhirnya masa nifas ialah 40 hari. Bila lebih dari 40 hari, ia wajib mandi dan shalat.
Penjelasan :
- Hadits yang dijadikan dalil, lengkapnya sebagai berikut:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْمُحَارِبِيُّ عَنْ سَلَّامِ بْنِ سُلَيْمٍ أَوْ سَلْمٍ شَكَّ أَبُو الْحَسَنِ وَأَظُنُّهُ هُوَ أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَّتَ لِلنُّفَسَاءِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا إِلَّا أَنْ تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذَلِكَ Ibnu Majah641
Ash-Shon’ani dalam “Subulus Salam” menjelaskan:
سبل السلام ج: 1 ص: 106
وعن أم سلمة رضي الله عنها قالت كانت النفساء تقعد على عهد النبي صلى الله عليه وسلم بعد نفاسها أربعين يوما رواه الخمسة إلا النسائي واللفظ لأبي داود وفي لفظ له ولم يأمرها النبي صلى الله عليه وسلم بقضاء صلاة النفاس وصححه الحاكم وضعفه جماعة لكن قال النووي قول جماعة من مصنفي الفقهاء إن هذا الحديث ضعيف مردود عليهم وله شاهد ثم ابن ماجه من حديث أنس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم وقت للنفساء أربعين يوما إلا أن ترى الطهر قبل ذلك وللحاكم من حديث عثمان بن أبي العاص وقت رسول الله صلى الله عليه وسلم للنساء في نفاسهن أربعين يوما فهذه الأحاديث يعضد بعضها بعضا وتدل على أن الدم الخارج عقيب الولادة حكمه يستمر أربعين يوما تقعد فيه المرأة عن الصلاة وعن الصوم وإن لم يصرح به الحديث فقد أفيد من غيره وأفاد حديث أنس أنها إذا رأت الطهر قبل ذلك طهرت وأنه لا حد لأقله
- Hadits di atas walaupun banyak riwayatnya namun semuanya dla’if
- Karena ada syahid yang menguatkan, walaupun tidak sharih, hadits ini dijadikan dalil batas maksimum nifas 40 hari.
- Tidak ada batas minimum masa nifas.
Hadits di atas juga digunakan Sayyid Sabiq dalam “Fiqhus Sunnah” (84-85) dan diklaim sebagai Ijma’.

Bantahan:

- Hadits riwayat Ibnu Majah yang dijadikan syahid ternyata juga dla’if, karena ada rawi bernama Salam Bin Salmin ia matruk.
- Para ulama sepakat bahwa Hukum nifas dan haid dalam ibadah sama yaitu haram shalat dan shaum selama masa nifas/haid tersebut. Maka jika dalam haid tidak ada batas maksimum, mengapa dalam nifas diberlakukan, padahal dalilnya dla’if.
- Wanita yang nifas lebih dari 40 hari semestinya dikembalikan kepada jenis darah yang keluar atau kelazimannya, sebagaimana halnya wanita haid. Maka sebaiknya periksakan kepada ahlinya, apakah darah yang keluar setelah 40 hari tersebut masih darah nifas atau bukan, sehingga dapat dipastikan hukum peribadatannya. Adapun jika belum yakin, maka dikembalikan kepada asal atau yang sedang berlaku yaitu darah nifas. Seperti halnya ragu, apakah sudah batal wudlu atau belum.
Ref: - CD Maktabah Alfiyah & Mausu’ah Kutubut Tis’ah
قوله ( كان رسول الله صلى الله عليه وسلم وقت للنفساء أربعين يوما ) هكذا في النسخ وعلى هذا وقت ماض من التوقيت أي عين لها وحدد وفي بعض الأصول المعتمدة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم وقت النفساء أربعين يوما وضبط فيه وقت النفساء بإضافة الوقت بمعنى الزمان إلى النفساء والظاهر حينئذ أربعون إلا أن يقدر بكون أربعين وفي الزوائد إسناد حديث أنس صحيح ورجاله ثقات والله أعلم .

قوله ( تجلس أربعين يوما ) أي تجلس في نفاسها والمراد بعض النفساء أو قد تجلس وإلا فاتفاق كل النساء على عادة في النفاس بعيد ويؤيده الرواية الآتية بالورس قيل هو نبت يزرع باليمن ولا يكون بغيره من الكلف بفتحتين شيء أسود يعلوا الوجه .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALJAZEERA TV

 
Coolstreaming Channel 47362

Islam America

KAKAWIHAN

ISLAMIC VIEW

ISLAMIC WALLPAPERS

AKSES LINK OK

Bookmark and Share
Bookmark and Share